Laporan Keuangan

Laporan keuangan adalah bentuk hasil dari pemrosesan data keuangan untuk melihat keseimbangan nilai uang yang ada dalam institusi yang diproses.

Wikipedia menuliskan laporan keuangan adalah catatan informasi keuangan suatu perusahaan pada suatu periode akuntansi yang dapat digunakan untuk menggambarkan kinerja perusahaan tersebut. Laporan keuangan adalah bagian dari proses pelaporan keuangan.

Laporan keuangan itu sendiri pada umumnya terdiri dari :

– Neraca

– Laporan laba rugi

– Laporan perubahan ekuitas (perubahan modal)

– Laporan arus kas

Pengukuruan bagaimana kinerja perusahaan bergerak dalam 1 periode akuntansi dapat dilihat dari laporan laba rugi dan perubahan modalnya. Neraca berfungsi untuk dapat melihat keseimbangan yang terjadi dalam aktiva dan passive.

Tahapan dalam pembuatan laporan keuangan adalah sebagai berikut :

– Jurnal transaksi

– Posting buku besar

– Membuat neraca saldo

– Membuat AJP (Ayat Jurnal Penyesuaian)

– Neraca lajur

– Menyusun laporan keuangan yang terdiri dari neraca, laporan laba rugi, laporan perubahan ekuitas, laporan arus kas

– Membuat jurnal pembalik

– Membuat jurnal penutup

– Neraca saldo setelah penutupan

 

Menurut Standar Akuntansi Keuangan yang dikeluarkan oleh Ikatan Akuntan Indonesia tujuan laporan keuangan adalah menyediakan informasi yang menyangkut posisi keuangan, kinerja, serta perubahan posisi keuangan suatu perusahaan yang bermanfaat bagi sejumlah besar pemakai dalam pengambilan keputusan.

Pengguna dari laporan keuangan itu sendiri bisa melibatkan siapapun yang terkait akan membutuhan informasi dari laporan keuangan yang disajikan.

Investor adalah salah satu pengguna laporan keuangan untuk melihat bagaimana perusahaan yang telah diinvestasikan apakah berjalan sesuai harapan atau turun. Pada umumnya dengan melihat bagaimana kinerja perusahaan dalam 1 periode akuntansi, investor akan membuat keputusan yang terkait dengan kinerja yang terlaporkan dari laporan keuangan.

Manajemen membutuhkan laporan keuangan sebagai prasarana evaluasi kerja selama 1 periode akuntansi. Dengan melihat bagaimana kinerja perusahaan/institusi yang terlaporkan dari laporan keuangannya, manajemen akan membuat prediksi untuk periode akuntansi berikutnya untuk dapat meningkatkan performa atau pun mempertahankan kelangsungan hidupnya.

Pemerintah melihat laporan keuangan sebagai acuan pemberian pajak juga melihat kewajaran dari apa yang dilakukan perusahaan selama periode akuntansi.

Yang lain yang membutuhkan laporan keuangan seperti calon investor juga masyarakat melihat laporan keuangan terkait apakah perusahaan yang terkait dibutuhkan datanya atau tidak oleh mereka sebagai pengguna laporan keuangan.